Oleh: balikpapannaa | Juli 16, 2014

Romantisme Budaya Jawa di Balikpapan

Berikut ini adalah tulisan ke-2 dari reportase mengenai acara Kampoeng Seni memperingati Ulang Tahun Balikpapan ke 113 bulan Februari yang lalu.

Sebagai seorang perantau di tanah seberang, tentu menjadi kenikmatan tersendiri bisa melihat dari dekat budaya sendiri yang sudah lama tidak ditonton. Demikian juga dengan komunitas Jawa di kota Balikpapan sini. Dalam beberapa kesempatan, komunitas Jawa mengadakan hajatan dengan menggelar pertunjukan wayang kulit. Dan acara seperti ini selalu ramai didatangi oleh ratusan bahkan ribuan perantau dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Bagi mereka, menikmati wayang kulit di Kalimantan seperti sebuah romantisme, sebuah simbolik mengenai kerinduan mereka terhadap kampung halaman yang harus ditinggalkan demi mencari penghidupan yang lebih baik.

Saat acara Kampoeng Seni, komunitas Jawa menggelar pertunjukan Jaranan atau Jaran Kepang. Ketika gamelan sebagai musik pengiring dimainkan, terasa hati terbang mengarungi Laut Jawa kembali ke Kediri, tempat kesenian Jaranan berasal. Ternyata komunitas Jawa di Balikpapan ini masih menjaga warisan budaya ini. Lihatlah para niyaga yang bersemangat menabuh gamelan. Juga sang pemimpin yang dengan wajah angkernya berusaha menguasai suasana pergelaran.

DSCN3781

Akhirnya acarapun dimulai. Diawali dengan tampilnya beberapa anak yang menarikan tari jaran kepang. Di bawah sinar matahari yang terik mereka begitu bersemangat menari dikelilingi oleh ratusan penonton yang mengerumuni mereka. Lengkap sudah suasana Jawa dihadirkan di sini.

DSCN3782

DSCN3786

Sayang, anak-anak sudah merasakan kepanasan juga kelaparan. Kami pun terpaksa pulang meninggalkan pertunjukan yang sebenarnya sayang untuk dilewatkan itu.

(Osa Kurniawan Ilham, Balikpapan, 9 April 2010)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: