Oleh: balikpapannaa | Juli 27, 2009

PERJALANAN PERDANA KE BALIKPAPAN

Mungkin judul yang tepat bukan perjalanan perdana, tapi penerbangan perdana; karena memang untuk pergi ke Balikpapan dari Jawa lebih mudah dan cepat menggunakan pesawat terbang daripada kapal laut, apalagi mobil atau kereta api. Tentu saja tidak bisa naik mobil atau kereta api, Sobat. Karena Jawa dan Kalimantan dipisahkan oleh kumpulan air yang bernama Laut Jawa. Naik mobil mungkin masih bisa…asal mobilnya berada di geladak kapal laut he..he…

Sebelum masa reformasi, mungkin kapal laut menjadi pilihan utama orang dari pulau-pulau lain untuk pergi ke Balikpapan ini karena naik pesawat terbang masih tergolong mahal, mungkin hanya karyawan perusahaan minyak saja yang terbiasa naik pesawat ke Balikpapan. Tapi sekarang lain. Menjamurnya maskapai penerbangan di tanah air memungkinkan siapa saja naik pesawat terbang untuk sampai ke Balikpapan.

Jalur ke dan dari Balikpapan tergolong padat. Kenapa ? Yang pertama karena Bandar Udara Sepinggan di Sepinggan adalah pintu gerbang ke Kalimantan Timur. Kalau anda dari Jawa atau Sulawesi mau ke Samarinda, Bontang, Sangatta atau Kutai Kertanegara anda harus turun di Balikpapan dulu kemudian melanjutkan perjalanan lewat darat. Bahkan kalau anda mau ke Tarakan yang jauh di sebalah utara sana, pesawat andapun akan transit dulu di Balikpapan. Semoga ada kesempatan nanti untuk menulis secara khusus tentang masalah ini.

Sekarang banyak maskapai yang melayani jalur Balikpapan ini. Garuda, pasti. Karena maskapai penerbangan ini sudah menjadi semacam maskapai wajib dan resmi untuk perjalanan bisnis bagi setiap karyawan yang tersebar di Kalimantan Timur. Berikutnya ada Lion Air, Mandala Air, Sriwijaya Air, Citilink dan Air Asia. Sayang, kabarnya Air Asia jalur Jakarta – Balikpapan akan dihentikan sejak 19 Agustus 2009 nanti.

Mengenai rute, sepanjang pengetahuan saya kalau anda tinggal di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, Palu, Manado dan Denpasar anda bisa terbang langsung ke dan dari Balikpapan. Bahkan kalau anda tinggal di Singapura dan ingin berkunjung ke Balikpapan anda bisa menggunakan maskapai Silkair yang melayani jalur Balikpapan – Singapura sekali dalam setiap harinya. Semoga ke depan ada jalur langsung ke Sumatera; Balikapapan – Medan atau Balikpapan – Padang misalnya. Juga semoga ada jalur langsung ke Papua, siapa tahu ? Indonesia ini besar, Sobat. Kenapa kita tidak mencoba untuk menjelajahinya sepanjang hayat masih dikandung badan ?

Saya sudah lupa kapan tepatnya penerbangan perdana saya ke Balikpapan. Seingat saya adalah di suatu hari Minggu di bulan Juli tahun 2005. Saat itu saya terbang dari Bandar Udara Cengkareng Jakarta menggunakan pesawat Garuda (pesawat wajib untuk perjalanan bisnis, masih ingat ?), kalau tidak salah jam 18.00. Nggak disangka ternyata saya duduk bersebelahan dengan 2 teman yang lain dengan maksud yang sama, untuk melakukan wawancara dengan pihak manajemen perusahaan tempat saya bekerja sekarang. Jakarta – Balikpapan ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Jadi kami mendarat di Bandar Udara Sepinggan jam 20.00. Uppss, salah. Ternyata kalau anda ada di Balikpapan, anda mengikuti waktu WITA atau Waktu Indonesia Bagian Tengah yang lebih cepat 1 jam dari WIB (Waktu Indonesia Bagian Barat), waktu anda saat di Jakarta.. Jadi saya harus mengubah arloji saya dari jam 20.00 menjadi jam 21.00 sekarang.

Saya masih ingat saat itu. Saat saya keluar dari pesawat dan menggerakkan langkah pertama saya di landasan terbang, saya bergumam bahwa tanah Kalimantan (Borneo) ini akhirnya aku injak juga. Lalu aku tolehkan kepala ke kanan, ada di sana 2 pesawat tempur F-16 milik TNI AU tengah bersiaga. Aku baru sadar bahwa nun jauh perbatasan di sebelah utara ada sesuatu yang tengah membuat bangsaku marah dan tergugah rasa nasionalismenya. Kasus Ambalat.


Responses

  1. he..he..he..
    bagaiaman kesan pertamanya, mas..?🙂

    • Terima kasih sudah berkunjung Mas Eko.
      Kesan pertamanya adalah hawanya yang lembab, saya pikir dingin karena masih banyak hutannya.

      Salam,
      OsaKI


Tinggalkan Balasan

Kategori

